Dewan Pers Melakukan Verifikasi Faktual Media Online Fokuskepri.com

0
Pemimpin Redaksi Fokuskepri.com Apon Hadiwijaya di dampingi Pemimpin Perusahaan Marnala Sitinjak menerima kunjungan perwakilan Dewan Pers AA Ariwibowo dan Fajar dalam rangka Verifikasi faktual perusahaan media, Rabu (14/9/2022).

BATAM, Fokuskepri.com Bertempat di kantor redaksi Fokuskepri.com di Komplek Mega Legenda 2 blok D2 Nomor 30, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota – Kepri, Tim Pendataan dan Verifikasi Faktual Dewan Pers abg diwakili oleh AA Ariwibowo bersama staff Fajar melakukan verifikasi media Fokuskepri yang sebelumnya sudah terdaftar secara administrasi.

Kunjungan verifikator dari dewan pers ini disambut oleh Pemimpin Redaksi Fokuskepri Apon Hadiwijaya SE bersama Pemimpin Perusahaan Marnala Sitinjak dan wartawan Fokuskepri, Rabu (15/9/2022).

Kedatangan Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers ke Kantor Redaksi Fokuskepri.com merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan Pers setelah verifikasi Administrasi.

Proses Verifikasi Faktual media online Fokuskepri.com, Rabu (14/9/2022).

“Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita” kata AA Ariwibowo dalam penjelasan kepada redaksi dan manajemen Fokuskepri.com.

Verifikasi media adalah proses pemeriksaan terhadap perusahaan pers untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan benar atau tidak. Sebuah media akan disematkan sebagai ‘media terverifikasi’ jika sudah terbukti dijalankan sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan pers.

Dewan Pers membagi proses verifikasi menjadi dua, yaitu verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Verifikasi administrasi meliputi pencatatan dan pemeriksaan atas dokumen-dokumen yang telah ada atau sudah diterima Dewan Pers.

Pimpinan Redaksi Fokuskepri.com Apon Hadiwijaya, Rabu (14/9/2022).

“Sedangkan verifikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan. Verifikasi faktual menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers,” tutur AA Ariwibowo.

Verifikasi faktual memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan dan apakah sudah menjalankan dengan baik. Terkait konten dan rubrik pemberitaan serta kontiniutas pemberitaan secara terus menerus dan up to date, teratur dan terstruktur.

Pimpinan Redaksi Fokuskepri.com Apon Hadiwijaya SE mengapresiasi langkah Dewan Pers yang turun ke lapangan untuk memverifikasi secara faktual kelangsungan perusahaan pers, sehingga menjadi motivasi bagi pemilik media untuk terus mengembangkan diri dalam persaingan informasi di era digital saat ini.

“Dengan verifikasi faktual oleh dewan pers ke kantor redaksi Fokuskepri menjadi semangat bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas perusahaan media kami dalam eksistensi media di era digitalisasi saat ini,” ungkap Apon.

Sebagai salah satu perusahaan media online di Provinsi Kepri. Fokuskepri sangatlah berkepentingan untuk mendapat predikat terverifikasi faktual. Predikat itu sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media menjaga kepercayaan publik atas informasi yang di berita berita yang dipublikasikan,” pungkas Apon. (Redaksi)

Berita sebelumyaPT GIN Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Simulasi Karlahut
Berita berikutnya21 Tahun Demokrat, Evi Sulpian: Kepemimpinan AHY Harapan Baru Kebangkitan Partai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here