PT GIN Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Simulasi Karlahut

0
Latihan bersama pemadaman karhutla PT Guntung Idamannusa berkerjasma dengan BPDB dan Polres Inhil, Rabu (15/09/22).

TEMBILAHAN (Fokuskepri) – PT Guntung Idamannusa (GIN) menggelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) dan Polres Inhil, Rabu (15/09/2022).

Kegiatan Pelatihan diikuti oleh tim pemadan api PT GIN dan beberapa anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) dari beberapa desa binaan perusahaan dibawah bendera Musim Mas itu.

Hadir sebagai narasumber Kepala BPBD Inhil H Yusfik dan Kapolres Inhil yang diwakili oleh Kapolsek Pelangiran Ipda Delni Atma Saputra, SH, MH.

Selain itu kegiatan juga dihadiri General Manejer PT GIN, jajaran senior manajer, manager dan Staf, Camat Pelangiran, Dandramil Pelangiran yang diwakili Babinsa Desa Tanjung Simpang, Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Simpang, Para Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPBD Inhil H Yusfik menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Pemda Inhil dalam mencegah Karlahut, diantaranya melakukan sosialsiasi, memasang baleho, berkoordinasi dengan stakholder, menyiapkan fasilitas, mengeluarkan surat edaran hingga Patroli udara.

Kepada para petugas pemadan api dan MPA Yusfik berpesan agar mengutamakan kelematan diri saat bekerja memadamkan api jika terjadi Karlahut.

“Saya berpesan, yang paling penting amankan dan pastikan dulu keselamatan diri sendiri, jangan memadamkan api sendirian. Ingat keluarga menunggu dirumah,” ujar Yusfik.

Yusfik juga mengapresiasi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PT GIN itu sebagai komitmen bersama dalam pencegahan Karlahut di Kabupaten Inhil.

“Kita berikan apresiasi kepada PT GIN, PT GIN layak menjadi contoh bagi perusahaan lain yang ada di Kabupaten Inhil,” ujarnya.

Selanjutnya para peserta juga diberikan materi tentang peraturan dan undang-undang terkait kebakaran lahan dan hutan oleh Kapolsek Pelangiran Ipda Delni Amta Saputra.

“Kembali saya tegaskan, mohon sampaikan kepada masyarakat dan keluarga kita jangan membuka lahan dengan acara membakar, karena ada unsur pidana nya,” tegas Kapolsek.

Sementara itu, Humas PT GIN Ikhwansyah menyampaikan komitem perusahaan nya dalam menjaga Kelestarian lingkungan. Salah satunya melalui aksi pencegahan kebakaran lahan dan hutan di area perusahaan dan Desa sekitar.

Tahun ini, PT GIN kembali akan memberikan penghargaan kepada Desa Binaan yang bebas dari Karlahut di wilayahnya dengan
reward 25 juta rupiah setiap desa dalam bentuk barang maupun fasilitas umum.

Usai pemberian materi, dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran lahan. Terlihat para tim pemadam api sangat antusias mengikuti kegiatan, baik arahan dari komandan regu pemadan api PT GIN maupun dari Kepala BPBD Inhil (AJ)

Berita sebelumyaBangun Sinergitas, Kasi Intelijen Kejari Pelalawan Santai Bareng JMSI ditepi Sungai Kualo
Berita berikutnyaDewan Pers Melakukan Verifikasi Faktual Media Online Fokuskepri.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here