Semarakkan Festival Sumpah Pemuda 2023, Kepri Adakan Atraksi hingga Aneka Perlombaan

Kepri88 Dilihat

Tanjungpinang, FokusKepri.com – Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023 di Kepulauan Riau akan berlangsung semarak dengan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari berbagai atraksi menarik hingga ragam perlombaan yang melibatkan hingga ribuan peserta.

Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini dirangkum dalam Festival Sumpah Pemuda Kepulauan Riau 2023.

Penyelenggaraan Festival Sumpah Pemuda Kepri 2023 ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri, Karang Taruna Provinsi Kepri, Kepri Photo Community dan Purna Paskibraka Kota Tanjungpinang.

Baca Juga: Ansar Ahmad Berikan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan Kota Batam

Perhelatan berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu 26 – 28 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri melalui Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Kepri), Dr Aludin Andi menerangkan, seluruh rangkaian kegiatan ini akan dipusatkan di Pelataran Gurindam 12, Kawasan Tepi Laut Tanjungpinang.

Pada 26 Oktober, rangkaian kegiatan dimulai dengan Lomba Pameran Bazar Kewirausahaan Pemuda, Permainan layang-layang, Lomba Tari Kreasi Pemuda, Pagelaran Kuda Lumping serta Barongsai.

Baca Juga: Sukses Kembangkan Industri Halal Berkelanjutan, Kepri Raih Penghargaan IHYA 2023

“Pelaksanan kegiatan nyaris tanpa jeda. Mulai dari pagi hingga malam hari,” terang Andi, Selasa (24/10/2023) sore.

Kemudian di 27 Oktober, Senam Sehat Pemuda akan mengawali rangkaian kegatan. Lalu pelaksanan Kepri Foto Maraton, Lomba Vokal Pemuda, Lomba Band Pemuda, Permainan Olahraga Tradisional berupa Engrang, Sumpitan, Hadang dan Gasing, dan Aksi Komunitas Pemuda lainnya.

Kegiatan tak kalah menarik juga berlangsung pada hari terakhir kegiatan pada 28 Oktober.

Baca Juga: Gubernur Kepulauan Riau Sampaikan Nota Keuangan dan Ranperda APBD Tahun 2024

Gubernur Kepulauan Riau H.Ansar Ahmad akan memimpin langsung upacara Hari Peringatan Sumpah Pemuda ke-95 tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 ini, dan akan dilaksanakan di Gedung Daerah.

Selain kegiatan yang telah berjalan mulai hari pertama, di hari itu juga dilaksanakan Defile Pakaian Adat Nusantara, kemudian Lomba Kepri Young Carnival, Lomba Mewarnai tingkat TK dan PAUD, Lomba Kriya (Kerajinan) serta Lomba Inovasi Teknologi Pemuda.

“Total ada sembilan perlombaan selama tiga hari itu,” terang Andi.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dia sebut melibatkan berbagai organisasi kepemudaan dan komunitas, termasuk komunitas ojol.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kepri 2023 akan ditutup dengan malam hiburan sekaligus pembagian hadiah.

Baca Juga: Kunjungan Duta Besar Swedia untuk Indonesia Buka Peluang Investasi di Batam

“Akan ada hiburan bagi masyarakat pada malam penutupan. Dan kami berencana menghadirkan artis untuk menghibur masyarakat yang hadir,” tambah Fachrul Z Achmad, Ketua Karang Taruna Provinsi Kepulauan Riau.

Fachrul meyakinkan pihaknya telah mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan secara matang.

“Seluruh peserta untuk seluruh kegiatan sudah oke. Demikian pula degan lokasi penyelenggaraan,” imbuhnya.

Lomba Foto Pertama di Kepulauan Riau

Ketua Kepri Photo Community Iwan Rusty menyebut ajang lomba foto memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda Kepri 2023 sebagai lomba foto pertama di Kepri dari sisi teknis pelaksanannya.

Kepri Foto Maraton yang digelar pada 27 Oktober 2023 dia katakan merupakan lomba foto pertama kali digelar di provinsi ini.

“Pertama untuk lomba foto tematik yang dilaksanakan secara maraton,” jelas Rusty.

Hingga tiga hari menjelang pelaksanaan, jelasnya, jumlah peserta terdaftar telah mendekati 200 orang di dua kategori lomba, yakni kategori DSLR/Mirorless dan kategori smartphone.

“Disediakan hadiah dengan total uang tunai senilai Rp10 juta untuk dua kategori tersebut,” tambahnya. Adapun Total Hadiah Seluruh Lomba Sebesar 70 Juta.

Rusty dalam kesempatan ini mengundang fotografer dan pecinta fotografi untuk terlibat dalam kegiatan.

“Baik ikut dalam Kepri Foto Maraton, juga menghadiri seluruh rangkaian kegiatan karena sangat menarik dari sisi fotografi,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *