Satpol PP Pemko Batam Launching Aplikasi SIAP GARDA, Masyarakat Bisa Lapor Langsung Tipiring

Batam174 Dilihat

Batam, FokusKepri.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemko Batam meluncurkan aplikasi Sistem Pelaporan Tindak Pidana Ringan Perda Perkada (SIAP GARDA). Masyarakat dapat melaporkan langsung jika melihat tindak pidana ringan (Tipiring).

Aplikasi Siap Garda dilaunching langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina. Pihaknya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas peluncuran aplikasi Siap Garda ini. Satpol PP sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban umum di Batam.

“Mudah-mudahan aplikasi ini, bisa mempermudah masyarakat yang masih ragu kemana untuk melapor, jika ada pelanggaran,” kata Marlin, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: Family Day BP Batam 2023, Sinergi Menuju Batam Kota Baru

Sementara itu, Kasat Pol PP Pemko Batam, Imam Tohari mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan dalam penanganan perkara tindak pidana ringan di Kota Batam perlu dilakukannya perubahan paradigma dengan dilaksanakannya tindak pidana ringan.

“Melalui koordinasi lintas instansi pihak terkait secara terpadu dan penanganan perkara tindak pidana ringan yang berbiaya murah dan singkat,” kata Imam.

Dari keseluruhan jumlah Perda sebanyak 39 Perda di Pemko Batam, yang memuat sanksi ada 11 Perda yang ditangani oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam dalam penyelenggaraan pidana ringan (Tipiring).

Baca Juga: BP Batam Tegaskan Penyelenggaraan “Family Day” Tidak Terbuka untuk Umum

“Selama tahun 2022 sebanyak 143 laporan penyampaian pengaduan masyarakat atas pelanggaran Trantibumlinmas yang ditangani sebanyak 135 kasus,” katanya.

Siap Garda sendiri merupakan inovasi Proyek Perubahan Diklatpim II Angkatan XXII ( 22) Tahun 2023 ini berbasis teknologi informasi akan menjadi jawaban dalam mewujudkan penanganan pengaduan yang lebih baik.

Aplikasi hadir sebagai kanal aspirasi dan pengaduan berbasis online bagi masyarakat yang memiliki keluhan mengenai pelanggaran atas ketentraman dan ketertiban umum. Serta pelayanan publik di Kota Batam yang terintegrasi yang sangat mudah digunakan.

“Masyarakat pengguna tidak dipungut biaya atau gratis saat mengunduh aplikasi ini menggunakan Handphone berbasis Android,” katanya. (Ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *