Ikut UKW, 8 Anggota AJOI Natuna Dinyatakan Kompeten

Kepri51 Dilihat

FOKUSKEPRI.COM, Batam – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakara, di Hotel Aston Batam, Juma’t, 19 Maret 2021 kemarin, delapan wartawan dari Aliansi Jurnalistik Online Indonesai (AJOI) Natuna, dinyatakan kompeten.

Sebelumnya, seluruh wartawan AJOI Natuna, telah diberi pembekalan selama satu bulan penuh oleh Pimpinan Redaksi (Pimpred) Harianmetropolitan.co.id, Rianto Sianipar, dengan didampingi Redakturnya, Sarwanto.

Tujuannya agar para peserta UKW dari Natuna nantinya, dapat hasil maksimal saat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan.

Rian berpesan kepada peserta agar terus belajar serta mematuhi Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Jaga nama baik UPN “Veteran” Yogyakarta yang sudah memberikan kepercayaan kepada kawan-kawan,” pesan Rian kepada media ini, Minggu, 21 Maret 2021.

Pada acara penutupan UKW yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 malam, Ketua Direktur UKW, Susi Lastuti menyampaikan, peserta UKW yang dinyatakan kompeten agar dapat menjadi corong masyarakat serta menjaga profesionalisme sebagai wartawan dan melaksanakan tugas-tugas jurnalistik dan menjunjung tinggi KEJ.

“Untuk teman-teman peserta UKW, jaga sikap dan etikad serta profesional menjalankan tugas jurnalistik anda, baik yang belum kompeten tetap belajar dan semangat,” ujar Susi.

Hal yang sama disampaikan Hassanein Rais, dari Dewan Pers (DP), ia mengatakan kelulusan bukan tujuan utama UKW, tetapi bagaimana para peserta UKW memahami fungsi jurnalistik dan kaedah Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang menjadi tugas kita sehari-hari.

“Mari kawan-kawan peserta UKW menjalankan fungsi Pers sebagai corong masyarakat menyampaikan informasi yang akurat dan berimbang, serta memahami tugas seorang jurnalistik yang dapat mengedukasi seluruh masyarakat,” tutup Hassanein.

Laporan Budi Sianipar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *