Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rudi: Pemuda Saat Ini Penentu Kemajuan Bangsa

0
Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi bertindak sebagai inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94, Senin (31/10/2022).

BATAM, Fokuskepri.com – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 tingkat Kota Batam dilaksanakan di Dataran Engku Putri pada Senin (31/10/2022).

Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi bertindak sebagai inspektur upacara. Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94, mengangkat tema “Bersatu Bangun Bangsa”.

Dalam amanatnya, Rudi mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Baca Juga: Muhammad Rudi dan BP Batam Raih Anugerah Terpopuler AHI 2022

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” kata Rudi membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali.

Dikatakannya bahwa sejarah telah menjelaskan pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” katanya.

Baca Juga: Kepala BP Batam Resmikan Lajur Pejalan Kaki dan Sepeda di Kawasan Batam Center

Menurutnya peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Baca Juga: Semarakkan Hari Sumpah Pemuda Ke-94, Rudi: Kobarkan Semangat, Bersatu, Bangkit dan Tumbuh

Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” kata Rudi.***

Berita sebelumyaBerikut Cara Mudah Jadi Investor Saham
Berita berikutnyaTekan Inflasi, Wali Kota Batam Galakkan Operasi Pasar Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here