Prajurit Kikavser Dalam Tugas Kemanunggalan TNI, Berguna di Masa Damai

0
Anggota Satgas TMMD ke 115 wilayah Kodim 0313/KPR di Teluk Meranti

PELALAWAN – Walau lelah dengan aktifitas seharian sebagai seorang anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 wilayah Kodim 0313/KPR di kelurahan Teluk Meranti, Prada Andi Pratama (19) masih menunjukkan sikap murah senyumnya. Sumringah menyapa setiap kali senior maupun rekan satu leting berpapasan dengan nya. Tiada gurat kelelahan di wajahnya, bercanda kecil menjadi ciri khas pemuda asal Rokan Hilir ini.

Prajurit muda didikan Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) Bandung tahun 2022 ini ditempa menjadi bagian dari satuan tempur berkendaraan tank dan panser yang bertugas mempertahankan setiap jengkal wilayah NKRI.

Dari kawah candradimuka nya prajurit kavaleri TNI AD Padalarang, di dada Andi dipatri semangat “Jaya dimasa perang berguna pada masa damai”, motto dari korp baret hitam TNI AD yang memiliki Tridaya Cakti (daya gerak, daya kejut dan daya kejut).

Hadirnya Andi di wilayah pesisir Kabupaten Pelalawan, di pusat gelombang Bono Kelurahan Teluk Meranti ini bagian dari tugas Kompi Kavaleri Panser 6/ Rajawali Bhakti Tama  (Kikavser 6/RBT) Pekanbaru dalam mendukung kemanunggalan TNI membangun daerah, sebagai panggilan operasi di masa damai.

Ia datang bersama dengan 14 personil lain dari kompi yang sama, tergabung dalam 150 kekuatan personil untuk memperkuat satuan tugas TMMD ke 115 wilayah Kodim 0313/KPR di Teluk Meranti.

“Kalau dari kompi Kavaleri Pasir Putih ada 15 orang termasuk saya,” kata Prada Andi Pratama

Sejak resmi berseragam loreng TNI AD, Andi belum pernah mendapat penugasan operasi dari komandannya di kesatuan. TMMD ke 115 ini menjadi tugas perdana nya sebagai tentara.

“Ini pertama kali saya di tugaskan kesatuan, sejak selesai pendidikan,” imbuhnya

Walau selama menjadi prajurit korp baret hitam, Andi selalu bergelut dengan tank dan panser, latihan dan latihan, mempersiapkan diri ketika tugas negara memanggil, siap fisik dan mental sebagai ksatria negara sejati.

Ia tak menyangga tugas pertama nya akan mengaduk semen, mengecor jalan dan mendorong gerobak. Namun ia bangga menjadi bagian kemanunggalan TNI di Teluk Meranti.

“Sebagai tentara siap di tugaskan kapan saja dan dimana saja, senang juga bisa berbaur dengan masyarakat sini,”akunya

Dalam tugas TMMD ke 115 wilayah Kodim 0313/KPR di Kelurahan Teluk Meranti, Andi tergabung dalam team satgas di sasaran 3, menyelesaikan pengerjaan semenisasi jalan Rambutan Ujung RT 02 RW 01 sepanjang 70 meter dengan lebar 4 meter. Jalan yang dibangun itu sangat vital dalam mendukung pergerakan ekonomi masyarakat tempatan.

Setiap hari ia bergumul dengan tanah, pasir, kerikil dan semen. Berpacu dengan waktu untuk segera menghadirkan infrastruktur yang didambakan masyarakat.

“Yang saya kerjakan di TMMD ini berdasarkan arahan komandan, arahan pak Pa was, dan senior senior di sasaran tiga,” tegasnya

Di Teluk Meranti, Andi tidak hanya membawa nama besar Kompi Kavaleri, ada tanggung jawab sebagai seorang anak kampung Pematang Langsat Kubu Darussalam (Rohil) untuk memberikan yang terbaik untuk ibu pertiwi.

Di kampung terpencil tempatnya tumbuh, motivasi pemuda desa hanya sampai pada memegang ijazah SMA saja, selepas itu melamar bekerja sebagai buruh pabrik, buruh kebun maupun sebagai petani.

Jebolan SMA Tunas Bangsa 2021 mendobrak pola lama, keluar dari pakem anak anak muda setempat. Ia bertekad untuk mencapai impian, meraih cita citanya. Dibantu Babinsa Andi melamar masuk tentara, dari tiga yang dibawa tes di Korem Pekanbaru, hanya ia yang diterima.

“Di Desa Pamatang Langsat, saya orang pertama yang masuk TNI dan Polri,”ungkapnya

Sejak jadi tentara, putra sulung dari Mujiono ini belum sekalipun pulang kampung untuk melepas rindu bersama keluarga dan teman sepermainan dulu. Namun ia selalu menyempat diri untuk saling bertanya kabar lewat telepon genggam.

Di lubuk hatinya, ia menyimpan harapan besar, apa yang telah diperjuangkannya kini dapat menginspirasi adik adik nya di kampung. Memiliki semangat untuk mengembangkan diri lebih maju lagi. Bergabung dengan TNI dan Polri.

“Saya berharap, kedepannya banyak anak anak dari Desa Pematang Langkat Kubu Darussalam yang di terima TNI dan Polri, alhamdulilah, ada kawan saya yang baru lulus Polri, dan baru masuk pendidikan,” pungkasnya (Apon)

Berita sebelumyaWarga Lubukbaja Apresiasi Program Pembangunan Wali Kota Batam
Berita berikutnyaJaga Resapan Air, BP Batam Tanam 151 Pohon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here