PLN Batam Menindaklanjuti Penataan dan Perbaikan Kabel Semrawut

Batam70 Dilihat

BATAM, FokusKepri.com – PT PLN Batam menindaklanjuti keluhan masyarakat di Kota Batam terkait penggelaran kabel jaringan listrik pada sebagian tiang yang tidak rapih. Penataan tersebut dilakukan Tim Unit Bisnis Infrastruktur PT PLN Batam setelah mendapat keluhan dari warga di Perumahan Taman Anugerah Ideal.

Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PT PLN Batam, Khairullah mengatakan PT PLN Batam segera melakukan gerak cepat dengan menindaklanjuti laporan tersebut. Selama dua minggu berjalan Tim Penataan jaringan Telematika PLN Batam melakukan perapian kabel-kabel yang terbentang sepanjang tiang di perumahan tersebut dan juga di perumahan lainnya.

”Sebagian besar jaringan listrik di Kota Batam sudah menggunakan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) atau jaringan listrik bawah tanah. namun masih ada beberapa perumahan yang menggunakan jaringan dari tiang listrik. Selain kabel saluran tegangan rendah (STR) milik PLN Batam pada tiang juga terdapat banyak kabel-kabel lainnya untuk layanan telematika, telekomunikasi, kabel penyedia layanan TV kabel dan penyedia Internet Service Provider (ISP) beserta peralatan-peralatan untuk layanan tersebut,” jelas Khairullah.

Baca Juga: PLN Batam Menindaklanjuti Penataan dan Perbaikan Kabel Semrawut

Khairullah menambahkan pemeliharaan yang dilakukan pada jaringan PLN Batam dilakukan pada kabel-kabel yang sebelumnya kusut ditata ulang agar lebih mudah terdeteksi, diharapkan penataan ini dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Dimana jaringan tersusun lebih rapi sehingga menghindarkan masyarakat dari kecelakaan jika kabel tersebut mengendur ke bawah, yang dapat mengenai warga sekitar ataupun menyebabkan korsleting arus listrik.

”Adapun perapian tersebut dilaksanakan dengan menyusun kabel-kabel tersebut dalam lajur khusus sehingga akan mempermudah pemilik kabel yaitu Penyedia Layanan TV Kabel ataupun Penyedia Layanan Internet Service Provider (ISP) dalam melakukan pemeliharaan kabel mereka,” ujar Khairullah.

”Kami juga menghimbau kepada pemilik-pemilik kabel telematika yang menggunakan tiang-tiang listrik PLN Batam agar sebelum memasang kabel telematika supaya berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN Batam guna efektifitas pengaturan penyusunan kabel telematika tersebut,” harapnya lagi.

Baca Juga: PLN Batam Manfaatkan Gas Buang PLTG Tanjung Ucang Jadi Pembangkit Energi Bersih, Perkuat Sistem Kelistrikan Batam

Sejalan dengan itu, Senior Manager Unit Bisnis Infrastruktur PLN Batam, Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga menyampaikan bahwa PLN Batam menyambut para Penyedia Layanan TV Kabel dan Internet untuk bermitra dengan PLN Batam.

”Kami minta kepada para calon Mitra PLN Batam dapat menghubungi Contact Center 123 PLN Batam ataupun nomor Whatsapp 081378016600, guna melakukan komunikasi dan koordinasi dalam penggunaan jaringan listrik PLN Batam untuk keperluan telematika. Dengan begitu keperluan bisnis dapat terlaksana dan juga kenyamanan serta keamanan masyarakat sekitar tetap yang utama,” beber Sanggam.

Sanggam juga menghimbau kepada masyarakat yang menemukan ada potensi bahaya dan kabel kusut disekitarnya dapat melapor ke nomor tersebut diatasnya segera ditindaklanjuti upaya perbaikan dan perapiannya.

Baca Juga: PLN Batam Serahkan 78 Bantuan Hewan Kurban

“Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam siap siaga melakukan penataan, perapihan dan perbaikan jaringan telematika di tiang listrik milik PT PLN Batam untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Kota Batam tersebar,” tutup Sanggam.

Sementara itu Ketua RW XIX Perumahan Taman Anugerah Ideal, Benny juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas tindak lanjut yang dilakukan oleh PLN Batam dalam menanggapi keluhan warga sehingga kabel layanan TV Kabel dan Internet yang sebelumnya menggelantung rendah di tengah jalan sudah dapat dinaikkan serta tersusun lebih rapih.

”Terimakasih kepada PLN Batam, perawatan jaringan memang harus dilakukan secara rutin, jika memang ada kabel maupun tiang listrik yang sudah tidak layak maka segera lakukan pembenahan,” tandasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *