Gelar Ops Aman Nusa II, Polres Rokan Hilir Antisipasi Penyebaran PMK Pada Hewan Qurban

0

ROKAN HILIR, Fokuskepri.com – Guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) diwilayah kabupaten Rokan hilir jelang Idul Adha. Polres Rokan Hilir menggelar Apel operasi aman Nusa II lancang kuning tahun 2022 dipimpin Waka Polres Rokan Hilir, Kompol Franky Tambunan ST, Kamis (7/7/2022).

Kompol Franky Tambunan melalui Kasi Humas Polres Rohil AKP Juliandi ,SH, menyebutkan apel ini untuk kesiapan operasi aman Nusa II dalam rangka penanganan PMK pada hewan ternak.

Operasi ini, menurutnya harus bisa memberikan dampak signifikan dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Penyakit PMK pada hewan bisa menyebar sangat cepat mengikuti gelombang arus transportasi daging maupun pada hewan yang terinfeksi ternak,” sebutnya.

Ia menjelaskan jika ada hewan ternak terinfeksi bisa menimbul kerugian ekonomi sangat besar karena terjadi penurunan berat badan pada hewan dengan permanen.

Menurutnya lagi bahwa Hewan terinfeksi PMK pengendaliannya sulit dan kompleks, membutuh biaya vaksinasi yang sangat besar serta pengawasan lalu lintas hewan juga ketat.

Untuk diketahui negara Indonesia terdiri puluhan ribuan pulau dan ratusan pelabuhan besar dan kecil sehingga rawan terjadinya penyeludupan hewan dan daging ternak, kulit dan lainnya.

Disinyalir Rawannya penyeludupan berasal dari negara endamis PMK, seperti India, Brasil, Malaysia, Thailand, Filipina dan sekitarnya.

Dalam hal ini, katanya Polri khususnya Polres Rohil dan Polsek jajaran ikut berperan dan proaktif melakukan aksi upaya dalam pencegahan penyebaran PMK.

“Seluruh pelaksanaan operasi dapat berkontribusi dengan maksimal, Sehingga membawa dampak positif terhadap penanganan PMK Tahun 2022 pada hewan ternak,” Pungkasnya. (Syofyan Rambah)

Berita sebelumyaGenapi Amenitas Batam, Muhammad Rudi Sambut Baik Peresmian Pena Ballroom
Berita berikutnyaSemarak Idul Adha, BP Batam Akan Gelar Shalat Ied Perdana di Masjid Tanjak dan Qurban 21 Ekor Sapi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here