Gantikan Mubrur, Khaidir Jabat Ketua Bawaslu Pelalawan

0
Ketua Bawaslu Pelalawan, Khaidir S.IP

PELALAWAN, Fokuskepri.com – Khaidir S.IP terpilih sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan. Keputusan tersebut diambil empat komisioner dalam pleno yang dilaksanakan Senin (26/9/2022) di kantor Bawaslu Pelalawan jalan Sultan Syarif Hasyim Pangkalan Kerinci.

Pelaksanaan pleno pemilihan ketua Bawaslu Pelalawan mengacu kepada Perwaslu nomor 3 tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan antar lembaga pengawas pemilihan  Umum. Di dalam peraturan Bawaslu tersebut mengizinkan Bawaslu di daerah untuk melakukan perombakan susunan pimpinan berdasarkan rapat pleno.

“Inti dari Perwaslu itu penghapusan divisi pengawasan, karena semua komisioner adalah pengawas pemilu,” Terang Ketua Divisi Pencegahan, Humas dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Pelalawan, Bustami S.PdI.M.PdI, Senin (26/9/2022).

Sejatinya Bawaslu tidak mengenal ketua dalam setiap pengambilan keputusan, mengingat setiap keputusan yang dihasilkan bersifat kolektif kolegial yang artinya berdasarkan keputusan bersama atau Voting jika terjadi ketidak sepakatan dan pengambilan keputusan.

“Karena ada beberapa orang pimpinan, maka di tunjuklah satu orang untuk ketua, itu keputusan kita bersama yang diambil secara pleno,” katanya.

“Untuk pergantian ketua Bawaslu Pelalawan, tadi kita sudah melaksanakan rapat pleno yang diikuti empat komisioner, karena sekarang kan kita empat orang, saudara Nanang sudah jadi Bawaslu Provinsi, belum ada PAW nya, dari hasil rapat pleno empat pimpinan tadi. Saudara Khaidir dipilih sebagai Ketua Bawaslu yang baru,” tegas Bustami.

Setelah terpilihnya Khaidir jadi Ketua Bawaslu Pelalawan, sekretariat segera menindaklanjuti dengan membuat berita acara rapat pleno pemilihan ketua Bawaslu Pelalawan yang nanti nya akan di kirim ke Bawaslu pusat melalui Bawaslu Provinsi Riau.

“SK Ketua tetap dari pusat,” jelas Bustami.

Selain pemilihan Ketua Bawaslu Pelalawan yang baru, rapat pleno juga menetpkan Koordinator Divisi dan Wakil Koordinator Divisi serta Koordinator Wilayah dan Wakil Koordinator Wilayah.

Berikut Hasil rapat pleno Bawaslu Pelalawan tanggal 26 September 2022:

Ketua: KHAIDIR, S. IP

  1. Divisi SDMO dan Diklat (Kordiv: Mubrur, dan Wakordiv: Bustami, S.Pd.I,M.Pd.I)
  2. Divisi Pencegahan, Humas dan Parmas (Kordiv: Bustami, S.Pd.I,M.Pd.I, Wakordiv: Khaidir, S. IP)
  3. Divisi hukum dan sengketa (Kordiv: Khaidir, S.IP) Wakordiv: Kamal Ruzaman, SH)
  4. Divisi Penanganan Pelanggaran dan datin (Kordiv: Kamal Ruzaman, SH, Wakordiv: Mubrur, S.P.I)

Korwil dan Wakorwil

  1. Kerinci, Seikijng dan Langgam (korwil Mubrur, S.P.i-Wakorwil Khaidir, S. IP)
  2. Bunut, Pkl Kuras,Bandar Petalangan (Korwil : Kamal Ruzaman,SH-Wakorwil Bustami,S.Pd.I,M.Pd.I)
  3. Kerumutan, Ukui, Pkl Lesung, (korwil Bustami, S.Pd.I,M.Pd.I – Wakorwil Mubrur, S.P.I)
  4. Pelalawan,Kuala Kampar, Teluk Meranti (Korwil Khaidir,S.IP-Wakorwil Kamal Ruzaman, SH).

Bukan hanya Bawaslu Pelalawan, Bawaslu Kabupaten /Kota lain di Riau juga sudah melakukan rapat pleno perubahan divisi dan koordinator wilayah menyesuaikan dengan Perbawaslu nomor 3 tahun 2022. (Liaz)

Berita sebelumyaMuhammad Rudi Gesa Penyelesaian Kampung Tua dan KSB di Batam
Berita berikutnyaPemko Tanjungpinang Akan Undang Kepala BP Batam sebagai Keynote Speaker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here