Dudung Abdurachman Terima Gelar Kesultanan Bangkalan dari Raden Panji Abdul Hamid Mustari Cakraadiningrat

0
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, (foto: dok. Pusat Penerangan Kodam V/Brawijaya).

BANGKALAN, Fokuskepri.com – Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dikukuhkan sebagai Keluarga Kehormatan oleh Kesulatanan Bangkalan, Madura.

Bahkan, KASAD secara resmi menyandang gelar Dr. H. Mas Panji Dudung Abdurachman Suryoadiningrat. Gelar itu, memiliki arti pemimpin bangsa yang baik dan bijaksana.

Gelar itu, resmi diterima KASAD dalam prosesi upacara yang turut didampingi oleh Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny. Rahma Dudung Abdurachman dan dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A., Forkopimda Jatim, para Kyai, Tokoh Keluarga Kesultanan, Tokoh adat dan sesepuh Kabupaten Bangkalan masing-masing beserta istri di Pendopo Agung, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur, Senin (20/03/2023).

Baca Juga: KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman Gelar Lomba Kerapan Sapi di Bangkalan Untuk Lestarikan Budaya Madura

Suasana upacara pemberian gelar itu berlangsung dengan penuh khidmat. Upacara itu, diawali dengan adanya pembacaan surat keputusan pengangkatan KASAD sebagai Keluarga kehormatan Kesultanan Bangkalan oleh pihak perwakilan Kesultanan Bangkalan.

Pemasangan tongkos atau penutup kepala khas Bangkalan hingga pemasangan kain sawir dan penyerahan keris pada KASAD pun, dilakukan oleh Raden Panji Abdul Hamid Mustari Cakraadiningrat. Ia, merupakan generasi keenam Sultan Raden Abdul Kadirun, sekaligus Ketua Yayasan Kesulatanan Bangkalan.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya beserta keluarga karena pengangkatan ini merupakan suatu amanah yang sakral dan memiliki makna yang luar biasa yang harus dijaga, serta dipertanggungjawabkan. Terkait dengan pengangkatan tersebut, saya memandang bahwa adat istiadat seperti ini, patut terus dipertahankan sebagai tradisi dan budaya khas Kabupaten Bangkalan yang sangat erat dengan nilai historis,” ungkap KASAD.

Baca Juga: Pangdam V/Brawijaya Tinjau Kesiapan Pelaksanaan Kunjungan Presiden Jokowi di Kabupaten Ngawi

Pada kesempatan yang sama, Pangdam V/Brawijaya menjelaskan bahwa penganugerahan kehormatan pada Bapak KASAD sebagai Keluarga Kehormatan Bangsawan Bangkalan merupakan kebanggaan dan suatu bukti ikatan hubungan erat antara TNI dengan Rakyat.

“Ini sebagai ikatan antara Angkatan Darat dengan kelompok masyarakat untuk memperjelas, bahwa komunikasi sosial antara Angkatan Darat dengan rakyat itu harus tetap terjalin, salah satunya seperti pemberian gelar kepada Bapak KASAD tadi, Dan bapak KASAD merasa bangga karena diangkat sebagai warga kehormatan,” kata Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf.

Sementara itu, Plt Bupati Bangkalan, Drs. Mohni, M.M menambahkan, penyematan gelar yang diberikan pada KASAD itu, merupakan suatu anugerah dan kebanggaan.

Pasalnya, gelar yang diberikan oleh KASAD tersebut merupakan anugerah bagi masyarakat Bangkalan.

“Karena, dengan dianugerahkannya gelar Keluarga Kehormatan Kesultanan Bangkalan, bapak Jenderal TNI Dudung Abdurachman bukan hanya menjadi bagian dari keluarga besar Kesultanan asja. Tapi, juga menjadi Keluarga Besar warga Bangkalan,” ucapnya.(red)

Berita sebelumyaBatam Wonderfood and Art Ramadhan ke-4 Resmi Dibuka, Rudi: Majukan Pariwisata Batam
Berita berikutnyaDaeng Ganda Sambut Kunker Sekjen Kemendagri di Natuna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here