Di Masa Pandemi, Sekda Siak Hadiri Upacara HKN ke 56 Secara Virtual

0
Sekdakab Siak Jamaluddin bersama Forkompinda Siak menghadiri upacara virtual HKN ke 56 tahun 2020 dengan Kemenkes RI

FOKUSKEPRI.COM, Siak – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Jamaluddin, melaksanakan Upacara Virtual Peringatan Ke-56 Hari Kesehatan Nasional bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia di Ruang Bandar Lt.II Kantor Bupati Siak, Kamis (12/11/2020).

Usai pelaksanaan upacara tersebut, Jamaluddin Berpesan semua pihak harus terapkan pola hidup sehat ditengah pendemi covid-19.

“Sekarang ini kita masih berada di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Siak terus mengimbau kepada semua pihak untuk tetap membiasakan hidup sehat dengan memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, serta berupaya menghindari kerumunan,” jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa upacara peringatan HKN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana giat ini dilaksanakan secara virtual dengan protokol kesehatan serta pembatasan jumlah peserta upacara.

“Upacara Peringatan ke-56 Hari Kesehatan Nasional 2020 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan situasi pandemi ini, upacara dilaksanakan secara virtual yang tadi dipimpin oleh Menteri Kesehatan RI (Terawan Agus Putranto) sebagai Inspektur Upacara. Untuk kita di Kabupaten Siak hanya melibatkan beberapa orang dari Dinas Kesehatan serta tenaga medis sebagai peserta upacara,” sebut Jamaluddin.

Ia menambahkan, bahwa pada peringatan HKN tahun 2020 ini, Kementrian Kesehatan mencanangkan tema dan sub tema yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sehat.

“Kemenkes RI mencanangkan tema ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’ dengan sub-tema ‘Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19’. Keduanya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang sehat serta tidak putus asa memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, Hari Kesehatan Nasional yang dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahunnya ini, awalnya bertujuan untuk menyadarkan betapa pentingnya membangun kesehatan dalam masyarakat.

“Hari Kesehatan Nasional (HKN) dirayakan pada tanggal 12 November setiap tahunnya ini, tujuan awalnya diadakan untuk menyadarkan betapa pentingnya pembangunan kesehatan dalam masyarakat. Selain itu, HKN juga bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat,” urainya.

Jamaluddin juga menjelaskan, khusus di Kabupaten Siak pada peringatan ke-56 HKN tahun ini, selain upacara virtual juga dilaksanakan kegiatan pembagian 60 ribu masker untuk masyarakat disebar di 14 Kecamatan.

“Pada peringatan HKN kali ini, Pemkab akan membagikan 60 ribu masker untuk masyarakat, yang di sebar di empat belasĀ  kecamatan yang ada.Selain itu juga akan memberikan penghargaan kepada sejumlah petugas medis yang dianggap memiliki dedikasi tingggi dan berprestasi dalam menjalan tugas dan tanggung jawabnya selama bekerja,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI dalam amanatnya menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Kesehatan Nasional kali ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersyukur di era pandemi.

“Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun ini merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi, dan mengingatkan kita semua tentang arti penting kesehatan,” sebutnya.

Terawan juga menyebutkan bahwa tujuan utama peringatan HKN tahun ini adalah untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat.

“Tujuan utama dari peringatan HKN tahun ini adalah untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat dalam memperjuangkan ketahanan kesehatan nasional.Mari kita selalu mematuhi protokol kesehatan guna melawan pandemi covid-19 ini,sebab sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masayarakat yang patuh dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya.

Giat upacara ini juga di hadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Siak,Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak,serta belasan tenaga medis sebagai peserta upacara. (Irvan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here