Minggu , 21 April 2019
Home / Business / Gubernur Kepri Senang Pertumbuhan Ekonomi (PE) Naik Positif
IMG-20171106-WA0020

Gubernur Kepri Senang Pertumbuhan Ekonomi (PE) Naik Positif

IMG-20171106-WA0020

FOKUSKEPRI.COM, Tanjungpinang – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat, Pertumbuhan Ekonomi (PE) Provinsi Kepri pada triwulan III tahun 2017 tumbuh 1,82 persen atau naik 0,30 persen dari triwulan sebelumnya.

Menurut Kepala BPS Kepri Panusunan Siregar, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year) perekonomian Kepri pada triwulan III tumbuh sebesar 2,41 persen. Hal tersebut didorong oleh pertumbuhan kategori industri pengolahan yang memberikan andil sebesar 1,09 persen.

“Dari sisi pengeluaran pertumbuhan ekonomi didorong komponen PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto, red) yang mempunyai andil pertumbuhan ekonomi sebesar 3,26 persen,” ujarnya, Senin (6/11/2017).

Lebih lanjut ia menyampaikan, apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya perekonomian Kepri tumbuh sebesar 2,83 persen.

Pertumbuhan tersebut kata dia, sebagian besar dipengaruhi dari kategori lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan.

“Tiga kategori yang memberikan andil pertumbuhan terbesar, antara lain, industri pengolahan 1,76 persen, kontruksi, 0,83 persen, serta perdagangan 0,16 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, yang mempunyai andil terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi pemerintah sebesar 1,11 persen dan PTMB sebesar 1,07 persen,” sebutnya.

Walaupun pertumbuhan ekonomi di triwulan III mengalami trend yang positif. Namun kata dia, hal itu belum sepenuhnya belum menunjukkan trend yang menggembirakan.

“Setelah mengalami keterpurukan sebesar 1,52 persen pada Semester I 2017, pertumbuhan ekonomi Kepri belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Meskipun target pertumbuhan ekonomi sudah diturunkan, namun Kepri belum bisa mencapai target tersebut,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengaku senang dengan adanya trend positif pertumbuhan ekonomi Kepri di triwulan III tahun 2017 ini. Namun, ia berpesan kepada semua pihak agar tidak cepat berpuas hati dengan hasil pertumbuhan ekonomi di triwulan III tahun ini.

“Walaupun ada kenaikan tapi kita jangan cepat berpuas hati. Perjalanan kita masih jauh,” ujarnya.

Nurdin menambahkan, diharapkan kepada seluruh kepala daerah se Provinsi Kepri dapat membuat inovasi baru di daerahnya untuk menumbuhkan kembali pertumbuhan ekonomi Kepri.

“Kepala daerah juga kita dorong untuk membuat gebrakan-gebrakan baru karena masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi kita,” tuturnya.

 

 

Sumber : Hariankepri.com

 

About Redaksi Fokus Kepri

Check Also

IMG20190404113527-e1554742401638

DPRD Batam Resmi Setujui Ranperda Perubahan RPJMD Tahun 2016-2021

FOKUSKEPRI.COM, BATAM – Sidang paripurna DPRD Kota Batam dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perubahan Perda …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *